Senin, 16 Juli 2012

PENGANTAR MANAJEMEN


                                                                 
                                                                             BAB I



         
 PENGERTIAN, SARANA, FUNGSI, TINGKAT –TINGKAT MANAJER PENGANTAR

Manajemen berasal dari kata "to manage" yang berarti mengatur, mengurus mengelola
Apa yang diatur  (6M) dan aktivitas proses manajemen
Mengapa harus diatur (Supaya 6M berdaya guna, berhasil guna dan terkoordinasi untuk mencapai tujuan org)
Siapa yang mengatur (pemimpin)
Bagaimana mengaturnya (Melalui proses urut-urutan fungsi manajemen)
Dimana mengaturnya (Diorganisasi)


Manajemen juga berarti orang yang berada di 'pucuk pimpinan atau kumpulan manajer' (di perusahaan)
Siapa yang membutuhkan manajemen ? Manajemen dibutuhkan oleh semua kegiatan yang diorganisasi dan dalam semua tipe organisasi.

Mengapa manajemen dibutuhkan :
1. Untuk mencapai tujuan
2. Untuk menjaga keseimbangan tujuan yang saling bertentangan
3. Untuk mencapai efisiensi dan efektifitas

Pengertian Manajemen

Manajemen sebagai seni : Lawrence A. Appley, manajemen adalah seni mencapai tujuan melalui orang lain
Ciri manajemen sebagai seni
Keberhasilan pencapaian tujuan lebih banyak dipengaruhi dan didukung oleh sifat dan bakat manajer
Dalam pengambilan keputusan, naluri lebih banyak berperan daripada intelektual

Manajemen sebagai ilmu pengetahuan : Luther Gulick : manajemen sebagai bidang ilmu yang berupaya secara sistematis memahami mengapa dan bagaimana orang-orang bekerja sama guna mencapai tujuan dan menjadikan kerjasama ini berguna bagi umat manusia.

Ciri manajemen sebagai ilmu
Prinsip-prinsip manajemen dapat dipelajari sehingga pencapaian tujuan tidak tergantung dari bakat manajer karena setiap orang dapat menguasainya bila mau belajar
Pengambilan keputusan menggunakan pendekatan ilmiah, disini kekuatan naluri digantikan oleh kekuatan logika

Manajemen sebagai ilmu dan seni : Prof. Oey Liang Lee : Manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrolan dari alam dan tenaga manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Pendekatan ilmiah dalam manajemen tidak dapat memuaskan karena manajemen obyeknya manusia.
Manusia selain sebaga materi juga punya perasaan dan perasaan itu identik dengan seni.

  • Besar kecilnya keterlibatan seni tergantung dari besar kecilnya dan kompleksitas organisasi.

Pengertian Manajemen

Manajemen sebagai proses : G.R. Terry : Manajemen merupakan suatu proses tertentu yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang diwujudkan dengan menentukan dan mencapai tujuan yang ditetapkan dengan menggunakan sumberdaya manusia dan sumberdaya lain.
Proses adalah kegiatan yang terjadi secara beruntun dan susul menyusul, artinya selesai yang satu harus diikuti yang lain sampai titik akhir

Manajemen sebagai profesi : apakah manajemen sudah dapat dikatakan sebagai suatu profesi ?
Karakteristik profesi menurut Edgar H. Schein
1. Seorang profesional mendasarkan keputusannya pada prinsip-prinsip umum.
2. Seorang profesional mencapai status profesionalnya melalui prestasi. Kriteria penilaian manajer belum ada      sehingga sulit untuk mengukur prestasinya.
4. Seorang profesional harus tunduk pada kode etik tertentu. Kode etik untuk manajer belum ada.
Sarana & Fungsi Manajemen
Untuk mencapai tujuannya seorang manajer menggunakan sarana manajemen 6M, yaitu :
Men - Money
Machine - Materials
Methods - Market

Fungsi manajemen rangkuman dari pendapat para ahli
Forecasting - Planning termasuk budgeting
Organizing - Staffing
Directing         - Leading
Coordinating - Motivating
Controling         - Reporting


 Manajer
Siapakah Manajer itu ? Manajer adalah seorang yang bekerja dengan memanfaatkan bantuan orang lain dengan cara mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan dan pekerjaan mereka guna mencapai tujuan organisasi
Keahlian yang harus dimiliki seorang manajer
Technical Skill – Pengetahuan dan kemahiran dibidang spesialisasi tertentu
Human Skill – Kemampuan bekerja secara baik dengan orang lain secara individu atau kelompok
Conceptual Skill – Kemampuan berfikir dan konseptualisasi tentang situasi yang abstrak dan rumit

Tingkat-Tingkat Manajer
1. Top Manajer – Dewan Direksi dan Presiden Direktur – Memimpin perusahaan secara keseluruhan    (dewan direksi) – Memimpin para manajer ( presdir)
Add caption
2. Midle Manajer – Kepala bagian, kepala divisi, kepala seksi – Memimpin pekerja yang meliputi bidang-bidangnya
3. Supervisory Manajer / First Line Manajer – Kepala mandor, mandor – Memimpin para pekerja

             






                                                                               SEKIAN
                                                                         TERIMA KASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar